Gerhana Matahari kejadian langka

Unknown

Hai... semua pasti semuanya dah tau tadi sore dah terjadi gerhana matahari cincin.
Aku baca di okezone.com, katanya kejadian ini akan terjadi 10 tahun lagi, "kita ngalamin lagi gak ya!".
Pakar Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Moeji Raharto memperkirakan, gerhana matahari cincin (GMC) akan kembali terjadi di Sumatera Selatan pada 26 Desember 2019.
Diprediksi gerhana cincin akan terjadi lagi pada 26 Desember 2019, dan lewat di Sumut. "Yang sekarang kan di Sumsel, sebelumnya juga tanggal 22 Agustus 1998 lewat Sumatera Selatan," ujarnya di Pusat Pengembangan Informasi dan Teknologi Puspitek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (26/1/2009).

Menurut Moeji, di abad 21 ini warga Jakarta tidak bisa melihat gerhana cincin seutuhnya dan hanya melihat sebagian. "Seperti tadi kan hanya melihat seperti bulan sabit," imbuhnya.

Dia juga menambahkan, gerhana matahari cincin ini terbilang langka sementara gerhana matahari biasa terjadi dua sampai lima kali setiap tahun. "Kalau di Jakarta itu hanya 80 persen yang terlihat. Dan dari 80 persen Gerhana itu, yang lewat Indonesia hanya 20 persen," katanya.

Ditanya apakah ada hubungannya gerhana cincin ini dengan perayaan Imlek yang diperingati hari ini, Moeji mengaku hanya kebetulan.


1 Response to "Gerhana Matahari kejadian langka"
bisnisway said :
12:16 AM
ini nih akhirnya aku bisa liat juga nih kejadian ini.. salam merdeka!

Posting Komentar

Komentar Anda